Kejuaraan Sepakbola Piala Afrika Cup

Piala Afrika adalah laga kompetisi sepakbola khusus untuk negara-negara di benua Afrika. Kompetisi ini merupakan hasil seleksi dari CAF (Konfederasi Sepakbola Afrika). Dihelat setiap 2 tahun sekali.
Kejuaraan Sepakbola Piala Afrika atau yang sering disebut juga dengan istilah "Africa Cup of Nations" dan "African Cup Nations" merupakan kompetisi sepakbola paling bergengsi untuk negara-negara di wilayah benua Afrika. Tak ada bedanya dengan kompetisi Piala AFC atau UEFA Champions di mana kompetisi berdasarkan wilayah dan sesuai dengan struktur organisasi FIFA. Karena alasan sponsorship kompetisi ini sering juga disebut "Orange Afrika Cup of Nations". Orange itu sendiri adalah salah satu nama brand perusahaan telekomunikasi terkenal di Afrika. Tentu saja setiap saat bisa berganti karena alasan sponsor.


Piala Afrika sebenarnya sudah bergulir sejak tahun 1957. Negara yang ikut serta waktu itu hanya 3 negara yakni Sudan, Mesir dan Ethiopia. Negara Afrika Selatan tidak diikutsertakan dalam rentang waktu yang cukup lama karena alasan politik SARA "Apartheid". Baru sejak tahun 1968 kompetisi ini diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Biasanya digelar di bulan Januari - Februari.

Tidak semua negara di kawasan benua Afrika ikut serta. Total dari 60 negara yang ada, beberapa di antaranya tidak berpartisipasi karena sejumlah alasan seperti: kemiskinan, perang saudara, politik, dsb. Beberapa lagi yang ikut serta karena proses seleksi regional wilayah itu sendiri. Sebab dari total 16 tim yang berlaga di group Piala Afrika, semuanya merupakan hasil kompetisi seleksi dari konfederasi sepakbola afrika (CAF) untuk wilayah Afrika seperti negara di kawasan selatan, pusat,  utara, dsb..

Negara-negara yang sering menjuarai Piala Afrika ini dari sejak awal adalah:
  • Mesir
  • Ghana
  • Kamerun
  • Nigeria
  • Dr Congo
Sejak tahun 2010, kompetisi Piala Afrika bergeser dengan memilih tahun-tahun bilangan ganjil (2013, 2015, 2017, dst..). Alasannya jangan sampai bentrok dengan jadwal Piala Dunia (FIFA World Cup). Selain itu perhelatan ini juga dipilih bulan-bulan yang tidak berbenturan dengan laga kompetisi liga domestik di berbagai negara. Sebab memang banyak pemain dari benua Afrika yang merumput di klub-klub elit Eropa.

Pasaran bola untuk laga Piala Afrika ini selalu dibuka oleh bandar. Apalagi laga ini disebut laga "piala" di mana sudah pasti lebih fair karena membela negara. Pasti banyak peminat yang suka pada pasaran Piala Afrika ini. Menurut hasil prediksi dan pengamatan kami, ada kecenderungan negara-negara yang pernah menjadi juara untuk tetap menjadi juara. Namun untuk pasar taruhan harus juga dilihat dari nilai odds dan voor yang ada. Jika sebuah negara pernah menjadi juara sementara pemain-pemainnya adalah pemain yang juga merumput di klub terkenal Eropa, dipastikan ada peluang untuk menang dalam setiap laga.

Mengenai siaran langsung di saluran TV lokal, kemungkinan selalu ada stasiun yang menyiarkannya. Sebab ini termasuk laga yang cukup terkenal. Sebab banyak pemain sepakbola kaliber internasional berasal dari benua Afrika. Untuk event Piala Afrika tahun 2015 nanti, negara yang menjadi tuan rumah adalah Maroko.



thumbnail
Judul: Kejuaraan Sepakbola Piala Afrika Cup
Rating: 100% based on 96 ratings. 13 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Sejarah :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz