Kompetisi Sepakbola Piala Euro Cup

Inilah salah satu contoh replika piala yang diperebutkan dalam ajang UEFA Euro Cup ini. Nama piala ini adalah Denaulay Trophy.
Berbicara mengenai Euro Cup bisa mengacu pada 2 cabang olahraga yakni bola basket dan sepakbola. Kedua cabang olahraga ini sangat terkenal di benua Eropa dan ada kompetisinya masing-masing. Karena materi weblog ini adalah dunia sepakbola maka acuan kita tentu sepakbola itu sendiri. Jadi bicara Piala Euro atau Piala Eropa berarti adalah kompetisi laga sepakbola paling bergengsi antar negara-negara yang masih berada di wilayah Eropa (UEFA).


Ide dibentuknya laga kompetisi Piala Eropa sudah dimulai sejak tahun 1927. Yang mencetuskan ide ini adalah sekretaris jenderal Federasi Sepakbola Prancis yakni Henri Delaunay. Namun sayangnya beliau wafat 5 tahun sebelum laga perdana ini dimulai di tahun 1955. Maka untuk mengenang jasa beliau piala (trophy) yang diperebutkan diberi nama "Delaunay Trophy". Bahkan dalam beberapa dokumentasi laga kompetisi ini sering juga disebut Henri Delaunay Cup.

Kompetisi Piala Euro Cup ini sering juga disebut UEFA European Football Championship. Termasuk salah satu laga paling bergengsi antar negara setelah ajang Piala Dunia. Di sini yang bertarung sudah bukan antar klub tetapi antar negara. Para pemain yang sedang merumput di klub-klub elit di mana saja sudah pasti akan ditarik kembali ke negara asal mereka untuk memperkuat timnas negara mereka tersebut. Contohnya misalnay Fernando Torres yang membela Chelsea FC akan kembali membela Spanyol, Cristiano Ronaldo akan membela Portugal, Robin Van Persie akan membeli Belanda, dsb. Tentu saja jika mereka masih kuat bermain dan dimasukkan ke dalam timnas negara-negara tersebut.

Piala Euro Cup ini diselenggarakan setiap 4 tahun sekali. Namun formatnya dari sejak awal berdiri terus mengalami pembenahan. Salah satunya adalah keikutsertaan tim dalam ajang Piala Euro 2016 di Prancis kali ini. Di mana biasanya hanya ada 16 tim di laga-laga sebelumnya yang terbagi ke dalam 4 group (A, B, C dan D) maka kali ini akan ditambahkan menjadi 24 tim dalam 6 group (A, B, C, D, E dan F). Hal ini tentu sangat masuk akal sebab ada kurang lebih total 54 negara yang menjadi member asosiasi lembaga UEFA itu sendiri. 16 tim terlalu sedikit dan tidak mewakili banyak negara di benua Eropa.

Patokan laga Piala Euro ini biasanya 2 tahun sebelum dan sesudah ajang Piala Dunia. Karena sama-sama diselenggarakan setiap 4 tahun sudah pasti jangan sampai bentrok dengan Piala Dunia yang jauh lebih luas dan bergengsi. Biasanya proses seleksi peserta dimulai sekitar bulan September (2 tahun sebelum laga dimulai). Jadi bisa mulai mengikuti kira-kira negara-negara mana yang lolos. Untuk proses seleksi masuk group kualifikasi itu sendiri cukup rumit dijelaskan. Ada kriterianya tersendiri yang ditetapkan oleh lembaga UEFA, antara lain:
  • Hasil pertandingan sebelumnya di laga Piala Euro ini.
  • Hasil pertandingan di ajang Piala Dunia FIFA.
  • Proses seleksi yang melibatkan nilai skor, hasil imbang, jumlah gol ketika bertandang, menjadi tuan rumah, dsb.
Tambah bingung deh karena terlalu rumit untuk dipahami. Kita hanya perlu tahu sekilas sejarah sepakbola di dunia saja. Sedangkan untuk logonya itu sendiri selalu berubah setiap laga tergantung tuan rumah (host) yang terpilih untuk perhelatan ini. Beberapa logo yang sudah ada seperti:
Inilah logo ketika Piala Euro diselenggarakan di Portugal di tahun 2004.
Kalau yang ini adalah logo perhelatan di tahun 2008 dan diselenggarkan di 2 negara yakni Austria dan Swiss.

Ini adalah logo terakhir di ajang 2012 di mana Spanyol menjadi juara. Diselenggarakan di negara Polandia dan Ukraina.
Oya, untuk negara-negara yang sering menjuarai laga Piala Euro ini dari awal dihelat adalah:
  • Jerman
  • Spanyol
  • Prancis
  • Yunani
  • Republik Ceko
  • Denmark
  • Italia
  • Belanda
Sedangkan negara yang berhasil masuk laga final dan menjuarai ranking 2 (runner up) antara lain:
  • Jerman
  • Rusia
  • Italia
  • Serbia
  • Republik Ceko
  • Portugal
  • Spanyol
  • Belgia
Dengan melihat nama-nama negara yang ada, pasti kita sudah punya gambaran kekuatan tim negara tersebut. Yang menjadi juara tidak akan keluar dari nama-nama negara-negara di atas. Jadi kalau Anda ingin bet pasaran outright maka lebih mudah memprediksinya. Tentu saja masih harus melihat pasaran odds yang diberikan bandar bola.

Karena ajang ini merupakan ajang bergengsi kedua setelah Piala Dunia, sudah pasti akan ada stasiun televisi lokal yang berlomba-lomba menyiarkannya. Peminatnya pun cukup banyak karena merupakan ajang pertemuan negara Eropa di mana banyak klub-klub elit bercokol di sana. Acara nonton bareng (nobar) sudah pasti akan mudah kita temukan di setiap kota di Indonesia entah itu Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, Surabaya, Palembang, Makassar, Bali, Tangerang, dsb. Banyak kok warga masyarakat yang merupakan fans fanatik dari negara-negara tertentu seperti Spanyol, Inggris, Belanda, Prancis, Italia, dst. 

Kira-kira negara mana ya yang akan menjadi juara Piara Euro 2016 di Prancis nanti? Hmm...


 
thumbnail
Judul: Kompetisi Sepakbola Piala Euro Cup
Rating: 100% based on 96 ratings. 13 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Sejarah :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz